Friday, September 30, 2016

Doa Shalat Tahajjud lengkap


Pengertian Sholat Sunah Tahajud sendiri adalah Sholat Sunah yg dikerjakan pada waktu malam sedikitnya 2 (dua) Raka’at dan sebanyak – banyaknya tidak terbatas dan masing – masing di 2 Raka’at dibarengi dg salam. Adapun Waktu Mengerjakan Sholat Tahajud dikerjakan setelah mengerjakan Sholat Isya sampai terbit fajar yg hanya bisa di lakukan di malam hari. Sholat Tahajud ini hanya bisa dilakukan dimalam hari selepas Sholat Isya dg syarat harus tidur dulu atau selepas tidur, walaupun tidur ittu hanya sebentaar saja.
 Jadi apabila anda mengerjakan Sholat Tahajud tanpa tidur terlebih dahulu maka Sholat anda tersebut bukan Sholat Sunah Tahajud melainkan Sholat – Sholat Sunah sajja seperti Sholat Sunah Witir atau sebagainyaa. Untuk Waktu Sholat Tahajud Sendirii dikerjakaan malam hari setelah Sholat Isya sampai masuk waktu Sholat Subuh dan sesudah bangun tidur, sedangkan untuk Waktu Sholat Tahajud yg paling utama bisa dibagi menjadi 3 (tiga) sepanjang malam yg antara lain

Waktu Sepertiga Pertama ialah yg kira – kira dari jam 19.00 mlm sampai dg jam 22.00 mlm (Waktu Saat Utama), Waktu Sepertiga Kedua ialah kira – kira dari jam 22.00 mlm sampai dg jam 01.00 pagi (Waktu ini saat yg lebih utama) dan Waktu Sepertiga Ketiga ialah waktu kira – kira dari jam 01.00 pagi sampai dg sebelum masuknya waktu shubuh (Waktu yg paling sangat utama).

Perintah Shalat Sunah Tahajud menurutt Hadist Nabi Muhammad Saw yg berbunyi, ”’ Perintah Allah Turun ke langit dunia diwaktu tinggal sepertiga yg akhir dari waktu malam, lalu berseru : Adakah orang – orang yg memohon (Berdoa) pasti akan kukabulkan, adalah orang yg meminta, pasti akan kuberi dan adalah yg mengharap / memohon ampunan, pasti akan kuampuni baginya, sampai tiba waktu sholat subuh ”’.

Hadist Nabi Muhammad Saw diatas bisa kita disimpulan sendiri bahwa Shalat Tahajud dikerjakan disaat sepertiga waktu malam dan mempunyaiManfaat Sholat Tahajud yg hebat seperti di hadist Nabi Muhammad Saw diatas seperti dikabulkan segala permintaan atau doa yg dibacakan setelah Sholat Tahajud dan diampuni segala dosa – dosanya ketika memohon ampun setelah mengerjakan Sholat Tahajud.

Sedangkan untuk Keutamaan Sholat Tahajud dan pentingnya Sholat Sunah Tahajud ini juga sudah terdapat di dlm Firman Allah Swt yg berbunyi, ” Hendaknya engkau gunakan sebagian waktu malam itu untuk Shalat Tahajud, sebagaii Shalat Sunah untuk diriimu dan mudah mudahan tuhan akan membangkitkan engkau dg kedudukan yg baik (S. Bani Israil ; 79) ”.

Kemudian untuk Cara Mengerjakan Sholat Tahajud ini masih sama dg mengerjakan Sholat – Sholat pada umumnya baik dalam Sholat Wajib maupun Sholat Sunah. Cara Sholat Tahajud sendiri diawali dg Bacaan Niat Sholat, membaca Surat Al Fatihah, Membaca Suratan, lalu Ruku, I’tiidal, kemudaian Sujud dan yang terakhir Salam. Adapun Bacaan Niat Sholat Tahajud dan Doa Sholat Tahajud sdh saya buat dibawah ini sehingga anda bisa membaca dan menghafalkannya untuk di amalkan dirumah

Baca jugak siapa orang paling kikir menurut hadits
NIAT SHALAT TAHAJJUD
اصلي سنة التهجد ركعتين لله تعالى
saya niat shalat sunnah tahajjud dua raka'at karena Allah ta'ala

Setelah Shalat Tahajud Dzikir kepada Allah setelah itu anda tinggal dilanjut membaca Bacaan Doa Setelah Sholat Tahajud seperti dibawah ini beserta dg terjemahan dan artian lengkap

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ. اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعَالِمِيْنَ حَمْدًا يُوَافِي نِعَمَهُ وَيُكَافِي مَزِيْدَهُ يَارَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ كَمَا يَنْبَغِي لِجَلاَل وَجْهِكَ وَعَظِيْمِ سُلْطَانِكَ. اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ. اَللَّهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ قَيُّومُ السَّمَوَاتِ والأَرْضِ ومَنْ فِيْهِنَّ وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ مَلِكُ السَّمَوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ نُوْرُ السَّمَوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ اْلحَقُّ وَوَعْدُكَ الْحَقُّ ولِقَائُكَ حَقٌّ وقَوْلُكَ حَقٌّ والْجَنَّةَ حَقٌّ والنَّارُ حَقٌّ والنَّبِيُّونَ حَقٌّ ومُحَمَّدٌ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَقٌّ والسَّاعَةُ حَقٌّ اَللَّهُمَّ لَكَ اَسْلَمْتُ وبِكَ اَمَنْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ واِلَيْكَ أَنَبْتُ وبِكَ خَاصَمْتُ واِلَيْكَ حَاكَمْتُ فَاغْفِرْلِي مَا قَدَّمْتُ وَمَا أَخَّرْتُ وَمَا أَسْرَرْتُ وَمَا أَعْلَنْتُ وَمَا أَنْتَ أَعْلَمُ بِهِ مِنِّي أَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَاَنْتَ الْمُؤَخِّرُ لاَ اِلَهَ اِلاَّ اَنْتَ لاَحَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ

Artian Doa Setelah Sholat Tahajud diatas adalah, ”’ Ya Allah, bagimu segala puji. Engkau-lah (Allah) penegak langit dan bumi dan alam semesta serta segala isinya. Bagimulah segala puji, Engkau (Allah) Raja penguasa langit dan bumi. Bagimu-lah (Allah) segala puji, pemancar cahaya langit dan bumi. Bagimu-lah (Allah) segala puji, Engkau-lah (Allah) yg hak dan janjimu adalah benar dan perjumpaanmu itu adalah hak dan firmanmu adlh benar, dan surga adlh hak dan Neraka adlh hak dan Nabi – Nabi itu hak benar dan Nabi Muhammad Saw adalah benar, dan saat hari Kiamat itu benar. Ya Allah kepadamulah kami berserah diri (bertawakal) kepada Engkau jualah kami kembali dan kepadamulah kami rindu dan kpd engkaulah kami Berhukum. Ampunilah kami atas kesalahan yg sudah kami lakukan dan yg sebelumnya baik yg kami sembunyikan maupun yg kami nyatakan. Engkaulah Tuhan yg terdahulu dan Tuhan yg terakhir, Tiada Tuhan melainkan Engkau Alloh Rabbul Alamin. Tiada daya dan kekuatan melainkan dg Allah ”’.
Setelah anda selesai mengerjakan Sholat Sunah Tahajud dan Berdoa Setelah Shalat Tahajud lalu anda bisa beranjak tidur lagi dan sebelum tidur sebaiknya anda membaca Surat Al Ikhlas, Surat Al Falaq dan Surat An Nas yg bertujuan untuk memohon perlindungan Allشh dari godaan setan atau anda bisa membaca Al Qur’an sambil menunggu datangnya Waktu Shalat Subuh.

Demikianlah Doa Shalat Tahajjut semoga bermanfaat bagi kita semua.
Artikel by: https://al-inaya.blogspot.co.id/