Tuesday, September 27, 2016

KAJIAN KEUTAMAAN DOA AWAL TAHUN DAN AKHIR TAHUN LENGKAP.

Sebentar lagi kita akan memasuki tanggal 1 Muharram. Seperti kita ketahui bahwa perhitungan awal tahun hijriyah dimulai dari hijrahnya Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.
Lalu bagaimanakah pandangan Islam mengenai awal tahun yang dimulai dengan bulan Muharram? Ketahuilah bulan Muharram adalah bulan yang teramat mulia, yang mungkin banyak di antara kita tidak mengetahuinya. Namun banyak di antara kaum muslimin yang salah kaprah dalam menyambut bulan Muharram atau awal tahun. Silakan simak pembahasan berikut.

Bulan Muharram Termasuk Bulan Haram
Dalam agama ini, bulan Muharram (dikenal oleh orang Jawa dengan bulan Suro), merupakan salah satu di antara empat bulan yang dinamakan bulan haram. Lihatlah firman Allah Ta’ala berikut.

إِنَّ عِدَّةَ الشُّهُورِ عِنْدَ اللَّهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِي كِتَابِ اللَّهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ذَلِكَ الدِّينُ الْقَيِّمُ فَلَا تَظْلِمُوا فِيهِنَّ أَنْفُسَكُمْ وَقَتِلُوا ْالمُشْرِكِيْنَ كَافَّةً كَمَا يُقَتِلُوْنَكُمْ كَافَّةً وَعْلَمُوْا أَنَّ اللهَ مَعَ اْلمُتَّقِينْ

36. Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram[640]. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, Maka janganlah kamu Menganiaya diri[641] kamu dalam bulan yang empat itu, dan perangilah kaum musyrikin itu semuanya sebagaimana merekapun memerangi kamu semuanya, dan ketahuilah bahwasanya Allah beserta orang-orang yang bertakwa.

[640] Maksudnya antara lain Ialah: bulan Haram (bulan Zulkaidah, Zulhijjah, Muharram dan Rajab), tanah Haram (Mekah) dan ihram.
[641] Maksudnya janganlah kamu Menganiaya dirimu dengan mengerjakan perbuatan yang dilarang, seperti melanggar kehormatan bulan itu dengan Mengadakan peperangan.

Baca jugak hukum mencium al-qur'an

Ibnu Rajab mengatakan, ”Allah Ta’ala menjelaskan
bahwa sejak penciptaan langit dan bumi, penciptaan malam dan siang, keduanya akan berputar di orbitnya. Allah pun menciptakan matahari, bulan dan bintang lalu menjadikan matahari dan bulan berputar pada orbitnya. Dari situ muncullah cahaya matahari dan juga rembulan. Sejak itu, Allah menjadikan satu tahun menjadi dua belas bulan sesuai dengan munculnya hilal. Satu tahun dalam syariat Islam dihitung berdasarkan perputaran dan munculnya bulan, bukan dihitung berdasarkan perputaran matahari sebagaimana yang dilakukan oleh Ahli Kitab.”

Merupakan peringatan tahun baru Islam atau tahun baru hijriyah yang diperingati pada tanggal 1 Muharram. Orang Islam pada tanggal 1 Muharram ada yang sebagian merayakan ada juga sebagian yang tidak merayakan bahkan ada sebagian masyarakat yang tidak tau menau sama sekali tentang hari besar Islam ketika kita melihat hari besar Masehi banyak di antara media bahkan bisa dikatakan semuanya dari televisi suasta sampai Nasional semua turut merayakan dengan beraneka ragam kegiatan di antara kegiatan yang sering dilakukan oleh sebagian televisi dengan mengadakan perayaan full musik dari jam 12 malam sampai pagi.

Maskipun perayaan hari besar Islam sepi dari pemberitaan dunia namun tidak kalah hebohnya para kiai dan para habaib dan pencinta Islam mengadakan perayaan di Masjid masjid dan musholla sehingga hari besar islam penuh warna dengan bermacam-macam kegiatan keislaman yang dirayakan diantara kegiatan itu adalah dengan mendengarkan ceramah para guru dan para kiai tentang pentingnya merayakan hari besar Islam.

Shalawat dan lagu lagu islami dikumandangkan bersama dengan penuh khusuk dan penuh harap akan barokah dan karunia dari Allah dan syafaat dari baginda rosul nuansa keislaman tampak sekali ketika berkumpul bersama saling berbagi dan saling menyapa antara kita di samping itu penting sekali bagi kaum muslimin untuk mengetahui doa awal tahun.
Keutaman
Doa awal tahun sebuah doa yang jugak dianjurkan bagi kaum muslimin barang siapa yang mengamalkan doa ini maka akan terhindar dari mara bahaya yang mengintai karena di dalam dirinya Allah mengutus malaikat untuk menjaganya disetiap saat dari gangguan syaitan yang terkutuk dan juga golongannya, maka penting sekali bagi kaum muslimin untuk mengetahui doa ini dalam kitab FATHUL MILKIL MAJID LINAF’IL ABID karangan orang yang sangat alim yaitu Syaikh Ahmad Adhairobi mengatakan bahwa orang yang mengamalkan doa ini pada awal tahun maka syaitan berkata, ORANG INI MENGAMANKAN DIRINYA DARI SISA SISA UMURNYA KARENA ALLAH MENGUTUS MALAIKAT UNTUK MENJAGANYA DARI SYAITAN DAN SEMUA PENGIKUTNYA itulah beberapa keutamaan doa awal tahun dan bisa dibaca dan diamalkan semoga bermanfaat doa ini dibaca 3 kali menjelanga Maghrib. Inilah doanya:
الفاتحة...
وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى أَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ. اَللَّهُمَّ اَنْتَ اْلأَبَدِيُّ الْقَدِيْمُ اْلأَوَّلُ وَعَلَى فَضْلِكَ الْعَظِيْمِ وَكَرِيْمِ جُوْدِكَ الْمُعَوَّلِ وَهَذَا عَامٌ جَدِيْدٌ قَدْ أَقْبَلُ أَسْأَلُكَ الْعِصْمَةَ فِيْهِ مِنَ الشَّيْطَانِ وَأَوْلِيَائــِـهِ وَالْعَوْنَ عَلَى هَذَا النَّفْسِ اْلأَمَّارَةِ بِالسُّوْءِ وَالْإِشْتِغَالِ بِمَا يُقَرِّبُنِيْ إلَيْكَ زُلْفَى يَاذَاالْجَلَالِ وَالْإكْرَامِ. اَللَّهُمَّ يَامُحَوِّلَ الْاَحْوَالِ حَوِّلْ أَحْوَالَنَا إِلَى اَحْسَنِ حَالٍ يَاذَاالْجَلَالِ وَالْإِكْرَامِ يَاأَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ. وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ. ٣

Semoga Allah melimpahkan rahmat dan keselamatan kepada junjungan kami nabi Muhammad SAW, beserta para keluarga dan sahabatnya. Ya Allah, segala yang telah ku kerjakan selama tahun ini dari apa yang menjadi larangan-Mu, sedang kami belum bertaubat, padahal Engkau tidak melupakannya dan Engkau bersabar (dengan kasih sayang-Mu), yang sesungguhnya Engkau berkuasa memberikan siksa untuk saya, dan Engkau telah mengajak saya untuk bertaubat sesudah melakukan maksiat. Karena itu ya Allah, saya mohon ampunan-Mu dan berilah ampunan kepada saya dengan kemurahan-Mu. Segala apa yang telah saya kerjakan, selama tahun ini, berupa amal perbuatan yang Engkau ridhai dan Engkau janjikan akan membalasnya dengan pahala, saya mohon kepada-Mu, wahai Dzat Yang Maha Pemurah, wahai Dzat Yang Mempunyai Kebesaran dan Kemuliaan, semoga berkenan menerima amal kami dan semoga Engkau tidak memutuskan harapan kami kepada-Mu, wahai Dzat Yang Maha Pemurah. Dan semoga Allah memberikan rahmat dan kesejahteraan atas penghulu kami Muhammad, keluarga dan sahabatnya. Amin yaa rabbal

Baca Juga Do'a sebelum belajar dan sesudah belajar penting

Dan juga pernah dikatakan ‘’ Barangsiapa yang membaca doa akhir tahun ini, maka syaitan akan berkata:“Hampalah kami di sepanjang tahun ini”
Doa Akhir Tahun Islam
وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ اَللَّهُمَّ مَا عَمِلْتُ فِى هَذِهِ السَّنَةِ مِمَّا نَهَيْتَنِى عَنْهُ فَلَمْ اَتُبْ مِنْهُ وَلَمْ تَنْسَهُ وَحَلِمْتَ عَلَىَّ بَعْدَ قُدْرَتِكَ عَلَى عُقُوْبَتِى وَدَعَوْتَنِى اِلَى التَّوْبَةِ بَعْدَ جَرَا ئَتِى عَلَى مَعْصِيَتِكَ فَإِنِّى اَسْتَغْفِرُكَ فَغْفِرْلِى وَمَا عَمِلْتُ فِيْهَا مِمَّا تَرْضَاهُ وَوَعَدْتَنِى عَلَيْهِ الثَّوَابَ فَاَسْأَلُكَ اَللَّهُمَّ يَاكَرِيْمُ يَاذَ الْجَلاَلِ وَاْلاِكْرَامِ اَنْ تَتَقَبَّلَهُ مِنِّى وَلاَ تَقْطَعَ رَجَائِى مِنْكَ يَاكَرِيْمُ وَصَلَى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ
​Artinya:
Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.
Semoga Allah melimpahkan rahmat dan keselamatan kepada junjungan kami Nabi Muhammad SAW, beserta para keluarga dan sahabatnya. Ya Allah, segala yang telah ku kerjakan selama tahun ini dari apa yang menjadi larangan-Mu, sedang kami belum bertaubat, padahal Engkau tidak melupakannya dan Engkau bersabar (dengan kasih sayang-Mu), yang sesungguhnya Engkau berkuasa memberikan siksa untuk saya, dan Engkau telah mengajak saya untuk bertaubat sesudah melakukan maksiat. Karena itu ya Allah, saya mohon ampunan-Mu dan berilah ampunan kepada saya dengan kemurahan-Mu. Segala apa yang telah saya kerjakan, selama tahun ini, berupa amal perbuatan yang Engkau ridhai dan Engkau janjikan akan membalasnya dengan pahala, saya mohon kepada-Mu, wahai Dzat Yang Maha Pemurah, wahai Dzat Yang Mempunyai Kebesaran dan Kemuliaan, semoga berkenan menerima amal kami dan semoga Engkau tidak memutuskan harapan kami kepada-Mu, wahai Dzat Yang Maha Pemurah. Dan semoga Allah memberikan rahmat dan kesejahteraan atas penghulu kami Muhammad, keluarga dan sahabatnya. Amin yaa rabbal ‘alamin.

Bagi kawan-kawan yang mau belajar doa shalat dhuha lengkap 

NB: Tatacara melaksanakan doa akhir tahun di baca setelah pelaksanaa sholat maghrib

Artikel by https://al-inaya.blogspot.co.id/