Thursday, May 25, 2017

Pidato Bulan Romadhan terbaru

Assalamualaikum Warohmatullahi wabarokatuh

بسم الله الرحمن الرحيم : الحمد لله الذي جعل شهر رمضان أكرم الشهور,فتحت فيه أبواب الجنة وغلقت أبواب النار , شهر أوله رحمة, وأوسطه مغفرة, وأخره عتق من النار, الصلاة والسلام على نبينا محمد عبده ورسوله  أما بعد
Yang kami homati :……..
Yang kami Hormati:………
HADIRIN YANG DIROHMATI ALLAH
Pertama:  Segala puji adalah milik Allah yang telah menjadikan Ramadhan bulan yang mulya dimana pintu-pintu langit dibuka dan pintu—pintu neraka ditutu, bulan yang penuh barokah di mana Allah SWT yang maha pengasih lagi maha penyayang telah menganugrahkan rahmatnya pada 10 hari pertama dibulan itu, dan ampunannya pada tengah-tengahnya pembebasan dari neraka pada akhirnya.
Kedua : Shalawat salam semuga tetap tercurahlimpahkan kepada Nabi kita Nabi besar Muhammada SAW yang telah menjadikan kita berada dalam kehidupan yang diridhoi dan disayangi sehingga kita menjadi umat yang taat menuju ummat yang bermartabat kelak pada hari kiamat.
Ketiga: saya tak lupa pula banyak mengucapkkan terimakasih kepada pembawa acara pada siang ini yang telah memberikan sedidkit waktu pada diri ini untuk menyampaikan sebuah ceramah yang berthema PUASA IBADAH YANG ISTIMEWA DI MATA PENCIPTA.
Bulan suci ramadhan mempunyai nilai yang istimewa di hadapan Allah,mempunyai nilai yang tinggi di hadapan sang  Kholiq dan mempunyai kedudukan yang istimewa dalam Islam, karena itu, nabi kita Muhammad SAW dan para sahabatnya memperlihatkan keperdulian yang besar terhadap bulan yang mulia ini.
Maka perlu jugak diketahui apasih pengertian puasa yang sebenarnya maka untuk itu marilah kita kaji apa itu puasa. Puasa adalah menahan dari makan dan minum pada siang bulan puasa dengan niat yang sudah ditentukan dalam kitab FATHUL QORIB karangan Syaikh Muhammad bin Qosim Al-Ghazi.

الامساك عن مفطر بنية مخصوصة
Yang artinya Puasa adalah menahan dari segala hal yang membatalkan puasa dengan niat yang sudah ditentukan.
Berpuasa diperintahkan oleh Allah SWT dengan hukum yang wajib satu tahun satu kali yang dilaksanakan pada bulan puasa atau bulan Ramadhan dalam hal ini allah SWT berfirman dalam al-Qur’an yang berbunyi.
كتب عليكم الصيام كما كتب على الذين من قبلكم لعلكم تتقون
Yang artinya diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang2sebelum kamu agar kamu bertaqwa.
HAdirinWalhadirat Rohimakumullah
Ketahuilah bahwa semua pahala ibadah kita oleh Allah SWT dibatasi dari sepuluh lipat sampai 700 lipat namun dalam puasa ini Allah tidak memberikan batasan pahala hadits Qudsi.
كل عمل ابن ادم له إلا الصوم فإنه لي وأنا أجزي به
semua perbuatan manusia untuknya namun puasa adalah untuk-Ku dan aku akan mengganjarnya dengan yang setimpal.
Pemahamannya adalah bahwa pahalanya akan diberikan sesuai dengan tingkat pengabdian dan keikhlasan dalam melakukan puasa dan tidak seorangpun yang selain Allah yang dapat mengetahui pengabdian dan keikhlasan semacam ini betul.? Maka Allahlah yang mengetahui apakah seseorang sungguh-sungguh berpuasa attau tidak walaupun ia tetap lapar adan haus.

SAUDARAKU SEIMAN DAN SEPERJUANGAN
Banyak dari manusia yang berpuasa namun kadang puasa kita tidak berpahala dan tidak meninggalkan apa-apa kecuali lapar dan dahaga. Oleh sebab itu maka marilah kita berhati-hati melaksanakan puasa dari segala hal yang membatalkan sebagaimana Hadits Nabi Muhammad SAW.
كم من صائم ليس له من صيامه إلا الجوع والعطس
Artinya : Banyak dari orang yang ber puasa  tidak ada dari puasanya itu kecuali lapar dan dahaga.
Pada bulan puasa seorang muslim dan muslimat tidak hanya dianjurkan menahan lapar dan dahaga namun ketika berpuasa kiat jugak harus menahan maksiat-maksiat dari panca indra kita, mata kita hrus kita jaga dari penglihatan yang dilarang, telinga kita harus kita jaga dari mendengar hal yang diharamkan, tangan kita jugak harus dijaga dari hal yang haram seperti mencuri dan lain sebagainya. 
Hadirin yang dimulyakan Allah SWT. Ketahuilah bahwa bulan puasa adalah bulan yang penuh hikmah dan pengampunan dosa seandainya manusia tahu apa yang terdapat pada bulan romadhan niscaya manusia atau kita akan mengharap semua bulan akan dijadikan bulan puasa. Hal ini sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW.
لو تعلم  أمتي  ما في رمضان لتمنوا أن تكون السنة كلها رمضان
Artinya seandainay umatku tahu apa yang terdapat dalam Ramadhan maka mereka mengharap semua tahun dijadikan bulan Ramadhan.
Hadirin yang dirahmati Allah
Ketahuilah bahwa jugak pada bulan ramadhan dimana pintu-pintu langit dibuka, dan pintu-pintu neraka ditutup dan syetan-syetan dibelenggu itu demi membantu orang-orang Islam untuk lebih focus dan tenang dengan ibadah dan lebih penuh pengabdiannya kepada Allah SWT. Dalam bulan puasa ini Allah jugak memberikan kesempatan kepada kita untuk lebih focus lagi apabila kita sudah masuk sepuluh terakhir bulan puasa karena pada kesempatan tersebut Allah akan menurunkan para Malaikat yang mana barangsiapa beribadah pada malam tersebut lebih baik dari ibadah seribu bulan.

Hadirin yang dirohmati Allah.
Demikianlah ceramah ini kami sampaikan terimakasih atas perhatian mohon maaf atas kekurangan Wassalamu alaikum wr. Wb.